Jakarta, CNBC Indonesia – Israel memastikan akan merespons serangan rudal dan pesawat tak berawak (drone) Iran, namun masih belum jelas tindakan apa yang akan diambil, yang dapat mengubah konflik saat ini menjadi perang regional skala penuh.

Amerika Serikat (AS) mendesak Israel untuk berhati-hati dengan tanggapannya. Presiden Joe Biden juga mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi atau mendukung serangan langsung Israel terhadap Iran.

Di sisi lain, meski kabinet perang Netanyahu menyerukan respons cepat, para ahli mendesak Israel untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan.

“Ada orang-orang yang bermain catur, ada yang bermain catur, dan ada yang memakan buah catur,” kata Jonathan Lord, mantan pejabat pertahanan AS dan staf Kongres yang kini menjabat sebagai direktur program keamanan Timur Tengah di Center for a New American Security (CNAS), sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington.

“Israel kemungkinan besar harus merespons, namun tidak ada dorongan untuk segera merespons. Mereka tidak perlu terburu-buru,” tambahnya.

Berikut analisis terkait tanggapan Israel terhadap Iran, seperti dikutip dari Foreign Policy pada Selasa (16/4/2024).

Opsi 1: Serang Program Nuklir Iran

Program nuklir Iran telah meningkat sejak AS menarik diri dari perjanjian nuklir hampir enam tahun lalu. Tidak jelas apakah Iran sudah mulai membuat rudal berkemampuan nuklir lagi, namun jika negara itu memutuskan untuk membuat senjata nuklir, Teheran mungkin bisa meluncurkannya dalam waktu beberapa bulan, menurut pejabat tinggi AS tahun lalu.

Hal ini membuat fasilitas nuklir Iran menjadi target yang menarik bagi Israel, meskipun mereka termasuk dalam spektrum eskalasi yang tinggi.

“Jika Israel benar-benar merespons terhadap Iran, tindakannya bisa sama pentingnya dengan menyerang fasilitas senjata nuklir Iran atau menyerang basis industri pertahanan mereka,” kata Michael Mulroy, mantan pejabat pertahanan AS. “Jika mereka berhasil melakukan salah satu atau keduanya, Iran akan melakukan kesalahan strategis dalam melancarkan serangan ini.”

Itu adalah sebuah kemungkinan besar. Salah satu fasilitas nuklir terbesar Iran, Natanz, digali di sisi gunung di pegunungan Zagros dengan kedalaman yang sangat dalam sehingga mungkin tidak dapat ditembus bahkan oleh bom penghancur bunker terbesar buatan AS.

Namun serangan langsung terhadap program nuklir Iran mungkin berarti berakhirnya koalisi ad hoc negara-negara Arab yang mendukung upaya pertahanan rudal Israel melawan Iran. Menurut para ahli, hal ini mungkin juga akan semakin menarik proksi Iran, seperti Hizbullah yang berbasis di Lebanon, ke dalam konfrontasi langsung yang lebih sengit dengan Israel.

Di sisi lain AS juga sudah memberi isyarat bahwa mereka tidak akan mendukung serangan langsung terhadap Iran, Israel harus berhati-hati agar tidak bertindak terlalu jauh sehingga membuat marah pelindung senjata terbesar mereka-termasuk pada tahun pemilihan Biden.

Opsi 2: Menargetkan Komandan, Militer, atau Situs Iran di Dalam atau di Luar Iran

Israel dapat menyerang sasaran di wilayah Iran yang tidak terkait langsung dengan program nuklir negara tersebut. Misalnya, mereka dapat menargetkan pemimpin militer yang bernilai tinggi seperti Brigjen. Jenderal Amir Ali Hajizadeh, komandan pasukan kedirgantaraan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), yang mendalangi serangan drone dan rudal akhir pekan ini.

“Kamu kemudian akan mengejar orang yang mengatur pertunjukan kembang api besar-besaran ini,” kata Lord. “Dia selalu ada dalam pikiran mereka sebagai target.”

Israel juga dapat menyerang situs militer atau gudang senjata di dalam negeri, atau bahkan markas besar IRGC.

“Mereka kemungkinan besar akan memilih untuk merespons secara langsung di Iran, meskipun kemungkinan besar AS akan mencoba menghalangi tindakan tersebut untuk membendung dan mencegah meluasnya hal ini,” kata Mulroy, mantan pejabat pertahanan AS.

Namun, hal ini mungkin cukup menggugah selera Israel untuk merespons dengan meningkatkan kampanye pembunuhan terhadap komandan IRGC yang berada di luar Iran, di negara-negara seperti Irak dan Suriah.

Namun, ada risiko kegagalan operasional jika menyerang pemimpin seperti Hajizadeh atau fasilitas IRGC. Ini mungkin harus dilakukan pada malam hari, dan setelah serangan akhir pekan ini, banyak pemimpin militer Iran mungkin bersembunyi.

Opsi 3: Serang Proksi Iran atau Luncurkan Serangan Siber terhadap Iran

Jika para pemimpin Israel khawatir akan meningkatnya ketegangan dengan Iran, mereka mungkin akan memilih tindakan yang lebih sederhana: menargetkan proksi Iran di Timur Tengah atau melakukan serangan siber terhadap Iran dan mencoba menunjukkan bahwa mereka adalah tokoh besar di kampus di kawasan ini dalam prosesnya.

Penghinaan lain yang terjadi di kawasan ini, setelah hampir tidak ada drone atau rudal Iran yang berhasil menghantam tanah Israel selama akhir pekan, dapat menyebabkan pukulan lain terhadap kredibilitas internasional Teheran.

“Jika Anda harus melakukan sesuatu, apa pun yang saya lakukan adalah sesuatu yang dirancang untuk lebih meningkatkan keunggulan teknologi Anda atas Iran. Pilih sesuatu yang memalukan,” kata Frank McKenzie, pensiunan jenderal Marinir AS yang memimpin Komando Pusat AS dari tahun 2019 hingga 2022.

Hizbullah adalah kelompok proksi terdekat dan terpenting Iran di kawasan. Israel telah melakukan serangan balasan terhadap kelompok militan di Lebanon selama enam bulan terakhir, namun Israel dapat memilih untuk melancarkan kampanye militer yang jauh lebih intensif terhadap Hizbullah.

Namun, hal itu membawa risiko tersendiri bagi Israel. Sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, Hizbullah berusaha menghindari perang besar-besaran dengan Israel.

Jika Hizbullah memutuskan untuk terlibat dalam perang habis-habisan, kelompok ini pasti akan menderita kerugian besar, namun Israel juga akan menderita kerugian besar.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Israel Pakai Senjata Terlarang dari AS? Ini Kata Gedung Putih


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *